Senin, 16 Juni 2008

SEBENERNYA TEKNIK KIMIA NGAPAIN SIH?

Nama saya Cut Aline, mahasiswa universitas terkemuka di Banda Aceh yang memiliki jurusan Teknik Kimia tentunya. Ini tahun pertama saya di jurusan Teknik Kimia dan saya masih bener-bener newbie banget di dunia saya yang baru ini. Teknik Kimia sebenarnya pilihan kedua saya di SPMB. Pilihan pertama saya Kedokteran. tapi saya keterimanya di Teknik Kimia. Pertama-tama agak kecewa banget sih.. tapi setelah dipikir-pikir, suka dan gak suka kan hanya persepsi. Toh kalo kita punya kemauan dan keyakinan, manusia bisa sukses di manapun dia ditempatkan.
Saya mau nanya nih.. kira-kira sebenernya Teknik Kimia tuh ngapain sih? Di semester pertama ini saya masih gak ‘ngeh’ banget mau ngapain. Saya masih belajar kalkulus, fisika, dan kimia. Tapi apa ntar-ntarnya bakal gitu juga? Dan kerjaan saya tuh ntar bakal ngapain ya? Kalo temen saya ngeliat temen saya yang di Teknik Sipil, saya tau banget bahwa di masa depan dia bakal bisa merancang dan membangun jalanan megah dan gedung-gedung tinggi. Kalau saya melihat teman-teman saya di Teknik Mesin, saya tau benar bahwa dia bakal jadi ahli mesin yang amat handal. Katanya Teknik Kimia bikin pabrik? Bukannya pabrik itu dibangunnya sama orang Teknik Sipil dan Teknik Mesin? Saya bingung.

Dan kalau boleh, saya mau minta saran-saran nih supaya dapat sukses belajar di kampus. Kata orang-orang, Teknik Kimia tuh ilmunya berat banget. Saya jiper banget ngedengernya. Hehehe.. Mudah-mudahan ada saran yang dapat membantu.

Salam,
Cut Aline.

Dear Cut Aline,

Pertanyaan Aline nih termasuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh mahasiswa- mahasiswa yang baru masuk Teknik Kimia, jadi jangan khawatir karena sebagian besar dari kita pernah melewati masa-masa bimbang yang sama kok, hehehe..

Pada dasarnya semua bidang teknik tuh awalnya pasti belajar yang namanya kalkulus, fisika, dan kimia (kecuali di jurusan Teknik Arsitektur kali ya, hehe..), karena emang pelajaran itulah dasar dari bidang-bidang teknik yang ada, termasuk Teknik Kimia. Kalo mo dibilang sih anggap aja itu semua pelajaran SMA kelas 4, hehe..

Sementara kalo yg namanya teknik kimia gambarannya gimana ya.. sejujurnya saya juga ampe sekarang gak kebayang, hehe.. gak deng.. hahaha.. hmm, ilmu-ilmu dasar yg dipelajarin di teknik kimia tuh intinya ilmu-ilmu yang berhubungan dengan proses kimia. Proses kimia itu apa? simpelnya sih proses-proses yang dibutuhkan untuk mengubah suatu bahan baku menjadi produk yang diinginkan. Contoh ilmu yang terlibat banyak banget, ada mekanika fluida, perpindahan panas, perpindahan kalor, termodinamika, neraca massa, kinetika reaksi, proses pemisahan, evaluasi ekonomi, pengolahan limbah, n masih banyak lagi kok.. eeiiittsss, tapi jangan takut dulu, nama-nama diatas gak seseram yang dibayangin kok, hehehe..

Belum kebayang ya?? ntar juga lama-lama sambil dijalanin juga kebayang kok, hehe..

Terus ntar kerjanya Teknik Kimia kaya gimana ya? hmmm.. contohnya ya bikin pabrik.. masih bingung ngebedain ama Teknik Sipil dan Teknik Mesin? kalo Teknik Sipil dan Teknik Mesin tuh emang bikin pabrik juga, tp mereka tuh bikin pabrik dalam artian merekalah yg bikin alat-alat dalam pabrik, fondasi, gedung-gedung, dan segala hal-hal yang ‘kasat mata’ deh..

Kalo Teknik Kimia dimana? nah Teknik Kimia-lah yang menentukan pabrik apa yg harus dibangun, bahan baku apa yg mo dipake, produk apa yg mo dibikin, gmn cara bikinnya, intinya di belakang layar deh.. Ato mungkin kamu bertanya-tanya apa pentingnya sih Teknik Kimia buat kehidupan manusia?? Disadari ato gak, barang-barang yang ada di sekitar kita sebagian besar merupakan ‘hasil karya’ Teknik Kimia. Kertas, tinta, pakaian yang kamu pake (termasuk bahan pakaian dan pewarna kain), sabun mandi, pasta gigi, shampoo, deodorant, plastik, karet, gas elpiji, bensin, minyak tanah, pupuk, semen, minyak goreng itu semua bisa dibilang adalah ‘hasil karya’ Teknik Kimia. Jadi Teknik Kimia tuh emang luas banget.

Teknik Kimia ilmunya berat?? hmmm, berat ato gak itu sebenernya relatif kok, yang penting intinya tuh jalanin dengan santai aja, just let it flow. Yang jelas sih kalo mau sukses di Teknik kimia yang jelas perlu usaha dong.. gak ada kan orang yang bisa sukses tanpa berusaha.. tapi seperti yang dibilang tadi, yang penting sih dijalanin dengan santai aja, banyak baca literatur dan latihan soal juga bakal banyak membantu kok, dan yang jangan lupa untuk ngembangin kemampuan soft skill kamu diluar pelajaran kuliah, jadi rajin belajar. Dan kalo ada suatu saat Aline kesulitan apa-apa kan bisa nanya ama temen-temen yang selalu siap membantu, hehehe.. Semoga jawaban-jawaban tadi bisa membantu menghilangkan kebimbangan hati Aline. Ada teman-teman disana yang ingin menambahkan?

Salam Majari Kanayakan.

Topik: life, students (9 votes, 4/5)
19 Comments »
michaeljubel (majari) said:
wahh.. kasus Aline mirip banget ama temen seangkatan gua.. ada gitu yang masuk Teknik Kimia gara-gara kejeblos SPMB.. Masuknya TK ITB pula! Pilihan kedua.. pilihan pertamanya Kedokteran UI. gila juga ya berarti passing grade Kedokteran UI.. lalu dia desperado gitu pas tingkat pertama di TK ITB.. tapi dia survive dan sukses-sukses aja tuh.. IP nya pernah ampe 3,63.. sukses kan tuh namanya.. hehe..

emang berat di awalnya, tapi kalo dijalani dengan penuh semangat bisa kok.. pasti ada jalan.. hehe.. bisa lolos masuk TK berarti tandanya emang mampu.. hehehe..

selamat berjuang!

- 23 November 2007 at 22:35
marinda said:
hi aline..
hehehehehe..ternyata kita punya nasib yg sama..gue juga ke”jeblos” di jurusan ini…pilihan pertama gue kedokteran UI..yg gue impi2kan sejak dulu…hahaha…pilihan kedua gue yaitu tk ITB dipilih oleh bokap gue..yah..apa mw dikata gue keterimanya di tk..

pertama2 kuliah gue jg ngerasa ga peduli..ga sreg..ga ada semangat2 ky pas awal masuk suatu jenjang baru..but di sini gue punya teman2 yg sangat menyemangati gue dan mrk bilang seharusnya gue bersyukur..krn banyak kan line yg mw msk tk tapi ga kesampean..so gue mulai blj untuk menyukai tk..dan tanemin ke diri lo sendiri..dimanapun lo blj lo ga mw prestasi lo jelek..krn it yg memacu gue bwt ttp berusaha…

ok..ok..semangat ya line..mata kuliahnya boleh susah2 tp lo kan blj gak sendiri…betul…SEMANGAT !!

- 24 November 2007 at 0:06
Vita said:
Yang merasa salah pilih ga cuma yang diterima di tekkim sebagai pilihan kedua. Biasanya sih karena salah persepsi karena anggapan orang pada umumnya teknik kimia banyak berhubungan dengan kimia. Ternyata anggapan itu bisa dikatakan salah karena kimia cuman sebagian ilmu yg dipelajari di teknik kimia. Sisanya matematika & fisika.

Tahun pertama saya di tekkim saya juga mengalami perasaan ’salah pilih’, malah nyaris UMPTN lagi. Ada pendapat yang mengatakan bahwa kalau kamu berhasil survive di semester 3, semester2 berikutnya akan terasa lebih mudah, meskipun kenyataannya mata kuliahnya tambah sulit.

Ayo Aline, kamu pasti bisa! Jangan takut dulu denger nama2 mata kuliah tekkim. Kelihatan dari luar emang menyeramkan, tapi isinya mengasyikkan lho. Buktikan aja sendiri. Apalagi kalo dah bisa menemukan benang merah antar mata kuliah yg satu dengan yang lain, bisa-bisa jatuh cinta & tambah hari tambah sayang :))

- 24 November 2007 at 5:37
Amy said:
Nampaknya banyak yang senasib. Masuknya gara-gara kejeblos alias kepilihan 2 tapi stlah dijalani kok jadi cinta banget sama yang nama nya Teka.

Ini terjadi tahun 1982, Saya punya keinginan untuk jadi insinyur Sipil atau Elektro jadinya nyoba test di ITB Sipil dan TK lalu ITS Elektro TK. Pilihan TK hanya karena seneng dengan guru kimia waktu di SMA dulu. Nah, hasilnya hanya diterima di TK ITB dan ITS. Akhirnya pilih ITB karena dekat rumah. Masa TPB (tahun pertama bersama- istilahnya waktu itu), alhamdulillah lancar-lancar saja karena pelajarannya hampir 80% mirip di SMA. Semester 2, 3, 4, dst. ternyata makin asyik apalagi setelah lewat semester 6 dimana mata kita mulai terbuka bahwa TK tidak sama dengan kimia yang konsentrasi kimianya sudah banyak berkurang tapi lebih ke rekayasa proses. Sejak semester 6 inilah saya bener-bener falling in love dengan yang namanya Teka.

Mulai bekerja malah lebih asyik lagi karena kebetulan dapat pekerjaan yang sejalur atau 100% chemical engineering field. Kesimpulannya, Teknik Kimia atau chemical engineering itu merupakan salah satu bidang rekayasa dimana multi discipline knowledge to be comprised together to make something valuable and useful for human and nature life. Contohnya : Bagaimana agar air laut bisa diminum dan berguna untuk multi purpose function; bagaimana agar bakteri bisa bekerja untuk kita dalam mengolah limbah hasil excresi atau buangan; bagaimana membuat bahan plastik dari gas alam atau pun sintetik kimia menjadi bahan untuk membuat jalan, bangunan dan system konsstruksi yang hemat dan aman; dan banyak lainnya. Oleh sebab itu, semua ilmu dari mulai matematika, fisika, biologi, ekonomi, seni rancang bangun arsitektur, estaethics, dll. semuanya perlu dipelaari oleh sang insinyur teknik kimia. Jangan lupa, insinyur teknik kimia juga banyak yang jadi guru yang hebat di sekolah-sekolah.

Moga-moga jadi pencerahan.

- 24 November 2007 at 12:23
rentika said:
saya adalah seorang siswa 3 sma yg menggemari pelajaran kimia.ingin rasanya masuk di ITB. saya tahu klo ingin menguasai kimia bukanlah dengan mencoba berusaha untuk menjadi pintar dalam pelajaran tsb, tetapi lebih untuk menyukai pelajaran tersebut dan menjadikannya hobi dan kesenangan tertentu.yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana caranya agar itu semua menjadi masa depan saya.
saya mohon banget kakak bales e-mail saya.

- 17 January 2008 at 23:26
vhero said:
Hai Aline, You’re almost the same with me.
Q pengen banget bisa masuk Kedokteran, tapi akhirnya ke Teknik Kimia.
But, Q ga nyesel masuk T. Kimia, Karna Q emang seneng & uda dapet gambaran, APA SIY YG GA PERLU ORANG TEKNIK KIMIA?? Rata-rata semua dari kimia (kaya yang Mr.Author bilang, hhehehe…)
selain itu, Q juga dapet bocoran dari guru SMA Q, T.Kimia itu banyak Dokunya hehehe….
But again, Q masih pengen bwanget masuk kedokteran hehehe…
But again, Q uda semester 7, jadi daripada masuk kedokteran, kan mending lanjut S2….Ya KAn???
kalo ga inget umur niy, lulus T.Kimia mo s1 lg kedokteran..hehehe…

Menurut Q nee, T.Kimia itu lebih Ke fisika yang dipadukan dengan kimia…
Agak rumit tapi menarik.. Karna kita belajar yang ga bisa kita lht dengan kasat mata..
Tapi hasilnya luar biasa, dari ilmu itu…
T.Kimia asik Lo…
Jangan takut, jangan serem…
Q juga pernah dgr Comment orang yang belum ngerti ma T.Kimia “Waah…uda Teknik, Kimia Lagi..Susah tuu…”
Tapi ga sesulit yang dibayangkan orang lain diluar bidang T.Kimia koq..
Let It flow (nyontek Mr.Author nih…) but you you have to set a pump to make the flow faster, Right?

Dulu, waktu semester 1, Q heran juga Koq santai banget, pelajarannya kaya SMA,,,
But, semester 2 Q mulai ambil mata kuliah semester atas..
Q mulai ngeh, Oo gini to Teknik Kimia…
Mulai semester 3 keatas, mulai sibuk banget niy… apalagi kalo uda urusan Lab…
Skarang Q smester 7, sedang mengerjakan Tugas Akhir Perancangan Pabrik.

GoodLuck ya Aline…
Enjoy with Chemical Engineer yach…

- 18 January 2008 at 12:40
E said:
Yaaah, k, klo q malah pengen banget bisa diterima di TK ITB. Q skr siswa kls 3 SMA. Hrsnya u bersyukur banget bisa masuk ke Universitas bergengsi kaya ITB…
Tp y gitu , bingung. Q taunya TK buat pabrik dll. Tapi bisa buat wirausaha gak ya? Tolong ya kalo ada yang tau…

- 3 February 2008 at 15:18
vhero said:
tekim bisa lo buat wirausaha.. Nti kl uda smester atas, ditempatku ada mata kuliah kewirausahaan. Misalnya, bikin usaha pabrik minyak atsiri (ini yg bnyk didirikan setauku), bikin usaha pabrik biodiesel (insyaAllah ad yg sdg usaha), ato pabrik sabun, bs jg kan? Tekim tu mengglobal koq.. Emang budgetnya bikin usaha pabrik ky gu wlpun skala kecil, pasti budgetny besar, tp omsetnya jg ga kalah besar.. So,smgt ya!

- 4 February 2008 at 22:08
rentika said:
truzz.. klo jdi pneliti q-ra2 bisa ga y?
coz w pngen nyoba2 bkin BBM yang ramah lingkungan..

- 6 February 2008 at 18:05
michaeljubel (majari) said:
rentika, salah satu bidang yang penting di Teknik Kimia ya justru penelitian.. bikin BBM ramah lingkungan?? Ya cuman anak TK yang bisa! Hehehe.. yang namanya bahan bakar dan energi itu emang dipegang ama anak Teknik Kimia.. contohnya: minyak bumi dan gas alam.. walaupun katakanlah minyak bumi dan batubara itu ditambang oleh orang-orang Teknik Pertambangan dan Perminyakan, tetap saja pemrosesannya itu dipegang oleh orang Teknik Kimia.. mau contoh lain?? fuel cell.. walaupun itu terkesan sangat berbau Teknik Elektro tapi sebenernya bukan. sama sekali bukan.. PLN aja yang walaupun dicap sebagai tempat mangkalnya anak Elektro sebenernya tetep gak bisa apa-apa kalo gak ada orang Teknik Kimia yang kerja di bagian pembangkit.. karena pembangkitan energi itu emang bagiannya orang Teknik Kimia.. jadi kalo emang rentika pengen ngulik-ngulik BBM, masuk Teknik Kimia memang pilhan yang paling tepat.. dan emang cuman satu-satunya pilihan lhoo.. hehehe..

- 6 February 2008 at 18:10
rentika said:
wah.. sru dong ya..
iya nih gw mw bgt msk tekim, tpi kyanya yg plg enakny kul di ITB y kn?
cuma..
yang gw khawatirin itu SPMB ny.. coz slain kimia masih byk mata pljrn lainnya yang di test in..
gmn dong solusinya.. coz gw lumayan lemah di fisika??

-ReNt!k@-

- 9 February 2008 at 11:36
Ertanto Vetra (majari) said:
@rentika…
kalo soal SPMB sih yang penting banyak latian aja,,soal SPMB biasanya mirip2 kan dari taun ke taun,,ikut bimbingan belajar juga bisa kan,buat nambah2 porsi latian,,
masih cukup banyak waktu kok buat SPMB 2008,hehehe…

mo masuk tekim sih gak harus pinter2 amat dibidang fisika,kimia, ato apapun,,selama ada kemauan untuk belajar sih pasti bisa kok…

kalo tekim yang paling enak sih relatif,,bisa diliat dari fasilitas dan sarana yang ada, suasana belajar, lokasi kampus, dan keuangan,hehehe…
soalnya basically tekim di mana2 juga belajarnya juga gak beda jauh kok,,
cuma yang beda ya faktor2 diatas itu tadi…

moga sukses deh ama SPMBnya,,kita tunggu di tekim ITB,,hehehehe,,(numpang promosi boleh kan)

- 10 February 2008 at 22:58
rentika said:
btw twu ga biaya msuk tekim ITB??

- 1 March 2008 at 10:36
lilis said:
hy aline,,
ko nasib qta bisa sama ya?
pokoknya jalanin aja lh semuAnya sairing waktu berjalan,. coz aku dah di semster enam ja sampe sekarang ga jelas mau kemana..
penelitian g kelar2,, wuihh cape dehh

- 8 April 2008 at 9:17
tangguh teknik kimia UI said:
kamu seharusnya bersyukur karena banyak banget yang pengin masuk tk tp gk kesampeyan , gw seneng bgt ko msuk tkim cz banyak banget yang bisa dikerjain, kita bisa berkarya dimanapun yang ada proses kimianya, coba deh bayangin, jaman sekarang apaan coba yang gk berurusan sama kimia, pokonya smangat deh, ayo kita tunjukkin ke dunia bahwa teknik kimia akan mampu menangani permasalahan energi dunia, Insya Allah, sampai jumpa…semoga kita bisa ketemu di ajang karya teknik kimia tingkat dunia

- 19 April 2008 at 15:03
michaeljubel (majari) said:
sepakat banget ama tangguh.. lagian yang namanya salah jurusan tuh sebenarnya gak ada.. itu tuh cuman pemuasan emosi jiwa sesaat kita aja pas kita lagi gagal dalam hal akedemik..

ayo semangat! hehe..

- 20 April 2008 at 21:44
dianahlul said:
hahahaha…..asik bgt bacanya,,

- 21 April 2008 at 17:06
sulae said:
Hmmm……..gimana ya….saya yang semester 6 saja masih suka garuk2 kepala….intinya, tekkim itu asik kalo kamu bisa menyenanginya…hehehehe

Gimana ya, pokoknya asik aja….awalnya juga saya kira tekkim itu banyak kimianya, eh gak taunya matematika+fisika yang paling mendominasi (paling anti waktu SMA)….apalagi prnah ketemu sama integral lipat tiga…waahhh langsung nyerah saya….hehehehehe yaa walaupun saya bisa dibilang “gagal” dalam akademik, (mata kuliah all matematika) gak pernah dapat lebih dari C…hehehehe saya tetap menaruh harapan pada disiplin ilmu yang saya pegang, karena saya tau teknik kimia itu luas sekali, dan tanpa orang2 teknik kimia, kita gak bakalan ngerasain hidup seperti skrg….dan teknik kimia itu gak sekedar yang kamu duga…

oiya, satu saran saya, (khusus yg gak suka matematika seperti saya) kamu harus ngertiin konsepnya dulu (karena kebanyakan kita mesti menghayal dulu waktu ngerjain problem), ntar kalo kamu dah ngerti konsepnya, apalgi yg udh interest duluan, saya yakin matematika yg masuk dalam mata kuliah tersebut bakalan ngikut sendiri…hehehehe…..

sori nih agak2 gak nyambung…hehehehehehe

- 24 April 2008 at 21:09
vi~chan said:
Tekim emang yahu……ut. Serudugan gtu deh.Apalagi klo lg ngrjain tugas Ekotek, OTK and OPD………duh aduh pusing ma duh aduh pusing.He….He….Tp anak2 nya tetap semangat sampai akhir hayat!!!!!!!!!!!GANBATTE ……….CAYO……………….

Aku da wejangan………. “Ambil yang baik selama kuliah n buang yang jeleknya” OK!!!!!!!!!!
BTW da yang penting jga………d usahain belajar hal2 yang menunjang karier di masa depan.kayak admin R&D dan IT………..
karna ternyata wahai ternyata kepake banget……kita g hrs jd Engineering kn?Yosh gtu aj……….SEE YA……


2 komentar:

Unknown mengatakan...

Seru bgt tekim ea...

Unknown mengatakan...

Seru bgt tekim ea...